Sabtu, 09 Desember 2017

Perkembangan Anak usia 4-5 tahun



Psikologi anak usia dini penting untuk diketahui oleh orang tua karena akan berkaitan dengan pertumbuhan dan juga perkembangan buah hati secara menyeluruh. Pertumbuhan dan perkembangan anak sejak lahir merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan Perkembangan mereka sangat cepat dan pesat sejak awal kelahiran. Perkembangan fisik dan motorik anak akan sangat berhubungan dengan pertumbuhan sisi psikis anak.
Dalam perkembangannya, anak-anak akan mengalami suatu masa yang dinamakan sebagai masa keemasan anak saat usia dini dimana saat itu anak akan sangat peka dan sensitif terhadap berbagai informasi dan pengaruh dari luar. Laju perkembangan dan pertumbuhan anak akan sangat dipengaruhi masa keemasan masing-masing anak itu sendiri . Saat masa keemasan, anak akan mengalami tingkat perkembangan yang sangat pesat di mulai dari perkembangan emosi, pekembangan berpikir dan kecerdasan serta perkembangan perkembangan fisik, motorik dan perkembangan social.
Di umur 4 tahun anak sudah siap untuk memiliki kesempatan terjun ke dunia sosial yang lebih luas. Beberapa karakteristik khusus yang dilalui anak usia 4 – 5 tahun antara lain :

  •     Anak senang bermain dengan teman-teman usia sebaya dan gemar bermain peran “berpura-pura”
  •       Dia senang berbicara dan bertanya tentang banyak hal.
  •      Senang mencoba-coba gerakan fisik. Gemar mengetes dirinya bisa melakukan gerakan fisik baru meski kadang takut dan ragu
  •       Melakukan gerakan dalam koordinasi, misal permainan bersama
  •       Bermain bersama anak-anak lain
  •          Mampu berbicara dengan kalimat yang lebih baik dan menggunakan banyak kata.
  •     Mengerti dan memahami persamaan dan perbedaan sesuatu. Memahami penggunaan kata berlawanan (misalnya: gendut dan kurus, pendek dan tinggi)
  •         Di umur 4 – 5 tahun anak sudah bisa membedakan gender/jenis kelamin
  •    Memiliki banyak koleksi kosakata yang sudah dikuasai. Lebih percaya diri dan mampu menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan ekspresi perasaan dan kesulitan yang dihadapinya
  •         Bisa mendengarkan dengan lebih baik.
  •          Ingatan jangka panjang dan jangka pendek makin bagus
  •          Memakai baju tanpa dibantu.
  •          Menggambar dan mewarnai. Bisa menggambar figur dengan 6 bagian penyusun.
  •         Mengenal bentuk dan warna.
  •         Mengalami peningkatan ketertarikan terhadap angka, huruf, aktivitas baca dan tulis.
  •          Bisa menulis namanya sendiri
  •          Menjawab pertanyaan sederhana
  •          Menghitung benda 5 – 10.
  •          Sering penasaran terhadap orang lain dan dunia di sekelilingnya
  •      Mencuci tangannya sendiri. Sebaiknya ketrampilan mencuci tangan ini sudah dibiasakan sejak anak masih sangat kecil karena ini ketrampilan sederhana yang sangat penting untuk menjaga kesehatan.
  •       Negosiator yang baik. Anak sering bernegosiasi karena dia percaya bahwa aturan yang dibuat oleh orang tua bisa dirubah untuk memenuhi keinginannya.
  •     Di usia 4 tahun, anak seharusnya sudah bisa menggunting mengikuti garis lurus, kemudian di usia 5 tahun anak sudah dapat melipat sehelai pakaian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume Buku Struktur Fundamental Pedagogik "The World"

Dengan istilah “dunia” (the world), Freire merujuk kepada realitas budaya. Dunia bukan sebuah realitas yang sudah tersedia sebagaimana real...