Minggu, 10 Desember 2017

Kurangnya Tenaga Pendidik BK dalam Melakukan Needs Asesment di Sekolah

Pendidikan dan pelatihan diselenggarakan untuk merespon tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Produk pendidikan dan pelatihan akan bermakna dan diterima di masyarakat jika produk pendidikan dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakatnya. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam rangka menjembatani kesenjangan antara produk pendidikan yang dihasilkan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat adalah dengan melakukan penilaian terhadap kebutuhan masyarakat (Needs Assessment).
Asesmen merupakan salah satu bagian dari pengukuran. Dalam konteks bimbingan dan konseling, asesmen yaitu mengukur suatu proses konseling yang harus dilakukan konselor sebelum, selama, dan setelah konseling tersebut dilaksanakan atau berlangsung. Asesmen merupakan merupakan salah satu bagian terpenting dalam seluruh kegiatan yang ada dalam konseling (baik konseling kelompok maupun konseling individual). Karena itulah asesmen dalam bimbingan dan konseling merupakan bagian yang terintegral dengan proses terapi maupun semua kegiatan bimbingan dan konseling itu sendiri.
Asesmen dilakukan untuk menggali dinamika dan faktor penentu yang mendasari munculnya masalah. Hal ini sesuai dengan tujuan assesmen dalam bimbingan dan konseling yaitu mengumpulkan informasi yang memungkinkan bagi konselor untuk menentukan masalah dan memahami latar belakang serta situasi yang ada pada masalah klien. Asesmen yang dilakukan sebelum, selama, dan setelah konseling berlangsung memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai alat untuk menilai keberhasilan sebuah konseling, namun juga dapat digunakan sebagai sebuah terapi untuk menyelesaikan masalah klien.
Namun need assessment ini tidak akan berjalan maksimal apabila tenaga pendidik yang menanganinya tidak seimbang dengan jumlah para peserta didik. Jumlah peserta didik yang tidak seimbang dengan tenaga kependidikan dapat mempengaruhi kinerja dari guru BK itu sendiri. Karena idealnya 1 Guru BK hanya mampu menangani sekitar ±125-150 siswa. Oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai dampak dari jumlah peserta didik terhadap kinerja guru BK dalam melakukan need assessment. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume Buku Struktur Fundamental Pedagogik "The World"

Dengan istilah “dunia” (the world), Freire merujuk kepada realitas budaya. Dunia bukan sebuah realitas yang sudah tersedia sebagaimana real...